5 Manfaat Kuning Telur bagi Kesehatan Tubuh, Kamu Sudah Tahu? | NETIZEN NYINYIR

5 Manfaat Kuning Telur bagi Kesehatan Tubuh, Kamu Sudah Tahu?


Seperti yang kita semua tahu, telur mengandung berbagai vitamin yang baik untuk tubuh. Rasanya pun enak. Gak heran kalau banyak orang menggandrunginya. Tetapi masih saja ada orang yang memisahkan kuning telur dari putihnya, karena dianggap mengandung kolesterol.

Di balik itu, kuning telur ternyata juga kaya manfaat bagi kesehatan. Gak percaya? IDN Times telah merangkumnya untuk kamu.

1. Baik untuk kesehatan mata

health.com
Kandungan karotenoid dan zeaxanthin yang dimiliki kuning telur akan membantu meningkatkan kesehatan mata. Zat karotenoid berguna sebagai antioksidan pada mata, yang dapat melindungi dari radikal bebas perusak bagian-bagian retina. Zat tersebut juga dapat menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula yang sering terjadi pada usia lanjut.

2. Menjaga kesehatan jantung

healthination.com
Kuning telur bisa menjaga kesehatan jantung, bisa pula membahayakannya. Semuanya tergantung pada pola makan telur yang kamu lakukan. Kuning telur mengandung vitamin, mineral, dan kolin.

Kuning telur memang tidak ada hubungannya langsung dengan penyakit jantung. Namun, kandungan zat kolin di dalamnya dapat mengatur fungsi kardiovaskular. Selain itu, wanita yang memiliki kandungan zat kolin lebih tinggi pada makanan mereka, berisiko lebih kecil terkena kanker payudara.

3. Memiliki beberapa nutrisi


pexels.com/Victor Freitas

Selain vitamin, kuning telur juga memiliki beberapa nutrisi yang baik bagi tubuh kita, seperti kalsium, zat besi, dan fosfor. Kalsium sangat baik untuk memperkuat tulang.

Sedangkan zat besi bagus untuk pembentukan sel darah merah, membantu meningkatkan fungsi otak, serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Yakin gak mau makan kuningnya?

4. Mengandung asam lemak omega 3




thetechnews.com
Sama seperti ikan, kuning telur juga mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk kinerja otak dan memori. Bisa juga membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, serta menurunkan risiko penyakit kronis, seperti jantung dan kanker.

5. Sumber energi yang besar

livestrong.com
Karena banyaknya vitamin, nutrisi, dan lemak yang terkandung dalam kuning telur, gak heran kalau makanan ini dapat meningkatkan energi. Jika kamu sedang lemas dan kekurangan energi untuk beraktivitas, cobalah mengonsumsi telur sekali dalam sehari. Hal ini lebih sehat dibandingkan dengan minuman berenergi yang lainnya.

Gimana? Sudah tahu, kan kalau kuning telur juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tetapi kamu juga harus bijak dalam mengonsumsinya ya. Jangan terlalu sering dan terlalu banyak juga, karena yang berlebihan sudah tentu tidak baik.

Artikel Asli

close
=========[ Close ]=========
Kode DFP2