Data Statistik, Liverpool Lebih Dominan Dibanding AS Roma | NETIZEN NYINYIR

Data Statistik, Liverpool Lebih Dominan Dibanding AS Roma

Duel dua Kuda Hitam, Liverpool vs AS Roma

Liverpool akan menghadapi AS Roma pada laga leg pertama semifinal Liga Champions di Anfield, Rabu (25/4) dini hari WIB. Berikut data statistik prapertandingan seperti dilansir di BBC, Selasa (24/4).

- Ini adalah pertemuan keenam antara Liverpool dan Roma di kompetisi antarklub Eropa dan yang pertama sejak Maret 2002. Dari lima laga terakhir, Liverpool mencatat dua kemenangan, dua seri, dan sekali kalah.

- Liverpool belum kalah dari Roma di ajang Liga Champions dalam tiga pertemuan (menang 1, imbang 2). Termasuk, hasil imbang di final 1984 yang dimenangkan Liverpool 4-2 melalui adu penalti di Stadion Olimpico.

- Liverpool sudah 10 kali mencapai semifinal Liga Champions. Tujuh di antaranya berhasil dilalui dengan melangkah ke final. The Reds hanya mencatat kekalahan pada musim 1964/1965 saat melawan Inter Milan dan pada 2007/2008 saat melawan Chelsea.

- AS Roma baru pertama kali tampil di semifinal selama 27 tahun terakhir di kompetisi antarklub Eropa. Terakhir kali mereka tampil di semifinal Piala UEFA (Liga Europa) pada 1990/1991 ketika mereka menghadapi Brondby. Satu-satunya pertandingan di semifinal Piala Eropa/Liga Champions ialah pada 1983/1984, ketika mereka menyingkirkan Dundee United untuk menghadapi Liverpool di final.

- Liverpool belum memenangkan leg pertama semifinal Eropa dalam tujuh upaya terakhir (imbang 3, kalah 4), sejak mencatat kemenangan 4-0 atas Panathinaikos di Piala Eropa 1984/1985.

- The Reds telah mencetak 33 gol dalam kompetisi musim ini. Angka paling banyak yang dicatat oleh tim Inggris dalam satu musim Liga Champions.

- AS Roma hanya memenangkan satu dari 14 laga tandang terakhir di Liga Champions, sisanya mencatat 5 seri dan kalah 8. Satu-satunya kemenangan yang dicatat Roma ialah saat menang 2-1 di Qarabag awal musim ini.

- Roma juga hanya memenangkan satu dari 19 pertandingan tandang di kompetisi Eropa di Inggris (imbang 7, kalah 11). Namun, satu-satunya kemenangan AS Roma di Inggris terjadi di Anfield pada Februari 2001 di Piala UEFA. Ketika itu, pelatih Roma saat ini, Eusebio di Francesco, masih berstatus pemain.

- Dua dari tiga pemain yang telah memiliki setidaknya berkontribusi total 10 gol di Liga Champions musim ini adalah pemain Liverpool, yakni Roberto Firmino (8 gol dan 4 assist) dan Mohamed Salah (8 gol dan 2 assist).

- Edin Dzeko turut berperan dalam enam dari delapan gol tandang Liga Champions (5 gol, 1 assist). Pemain asal Bosnia itu telah mencetak dua gol dalam tiga pertandingan terakhirnya di Anfield melawan Liverpool (keduanya untuk Man

chester City pada Januari 2012 dan Maret 2015).

- Mohamed Salah telah mencetak gol pada masing-masing dari empat pertandingan terakhirnya di Liga Champions untuk Liverpool. Satu-satunya pemain the Reds yang mencetak gol dalam lima laga berturut-turut adalah Steven Gerrard yang dilakukan antara Oktober 2007 dan Februari 2008.

Sumber

close
=========[ Close ]=========
Kode DFP2